Minggu, 20 Januari 2013

Metode Inovasi Pembelajaran Model Card Sort

1.      Seputar Metode Card Sort
Metode Card Sort adalah strategi yang berisi kegiatan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta tentang obyek atau mereview informasi. Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendimaniskan kelas yang jenuh atau bosan.
Menurut Ismail SM langkah-langkah yang dilakukan dalam metode Card Sort adalah   :
a.       Guru menyiapkan kartu berisi tentang materi pokok sesuai SK (Standar Kompetensi) atau KD (Kompetensi Dasar) mata pelajaran yang diajarkan
b.      Seluruh kartu diacak/dikocok agar campur
c.       Bagikan kartu kepada murid dan pastikan masing-masing memperoleh satu (boleh dua)
d.      Perintahkan setiap murid bergerak mencari kartu induknya dengan mencocokkan kepada kawan sekelasnya
e.       Setelah kartu induk beserta seluruh kartu rinciannya ketemu, perintahkan masing-masing membentuk kelompok dan menempelkan hasilnya di papan secara urut
f.       Lakukan koreksi bersama setelah semua kelompok menempelkan hasilnya
g.      Mintalah salah satu pertanggungjawaban kelompok untuk menjelaskan hasil sortir kartunya, kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya
h.      Berikan aspirasi setiap hasil kerja murid.
Senada dengan pendapat diatas, adalah Hartono juga menjelaskan tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam metode Card Sort adalah :
a.       Masing-masing siswa diberikan kartu indek yang berisi materi pelajaran. Kartu indek dibuat berpasangan berdasarkan definisi, kategori/kelompok, misalnya kartu yang berisi aliran empiris dengan kartu pendidikan ditentukan oleh lingkungan dll. Makin banyak siswa makin banyak pula pasangan kartunya.
b.      Guru menunjuk salah satu siswa yang memegang kartu, siswa yang lain diminta berpasangan dengan siswa tersebut bila merasa kartu yang dipegangnya memiliki kesamaan definisi atau kategori.
c.       Agar situasinya agak seru dapat diberikan hukuman bagi siswa yang melakuan kesalahan. Jenis hukuman dibuat atas kesepakatan bersama.
d.      Guru dapat membuat catatan penting di papan tulis pada saat prosesi terjadi.
2.      Penggunaan Metode Card Sort dalam Pembelajaran Akidah Akhlak
Metode Card Sort merupakan sebuah strategi pembelajaran yang membantu siswa untuk mendapat pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara aktif serta menjadikan belajar tidak terlupakan. Kedua metode ini berpusat pada peserta didik, sehingga menuntut siswa untuk lebih aktif dan guru sebagai fasilitator saja. Metode pembelajaran Card Sort bisa digunakan sebagai metode alternatife yang dirasa lebih bisa memahami karakteristik belajar peserta didik yang berbeda-beda. Diantaranya ada peserta didik yang lebih senang membaca, diskusi, atau praktek langsung. Agar dapat membantu peserta didik belajar secara maksimal, kesenangan dalam belajar itu perlu diperhatikan, salah satunya dengan menggunakan variasi metode pembelajaran yang beragam dengan melibatkan indra `belajar yang banyak. Siswa akan lebih cepat memahami pelajaran apabila siswa dilibatkan secara aktif baik mental maupun fisik.  
Dalam hal ini guru dituntut untuk dapat menggunakan metode yang tepat serta mengajak siswa untuk aktif bergerak sehingga dapat membuat siswa merasa  senang dan pelajaran tidak terasa membosankan. Metode Card Sort merupakan metode yang baru, yang akhir-akhir ini mulai digunakan di semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Metode ini lebih bervariatif dibanding dengan model pembelajaran yang terdahulu.
Untuk menjembatani berbagai tipe dalam belajar siswa, guru harus pandai memenfaatkan strategi atau pendekatan pembelajaran agar siswa melaksanakan kegiatan belajar dengan optimal.  Guru harus arif dan mengetahui, bahwa ada diantara siswa yang lebih senang membaca, ada yang lebih senang berdiskusi dan ada juga yang senang praktek langsung. Sehingga untuk membantu siswa dalam belajar secara maksimal, kesenangan dalam belajar perlu diperhatikan, salah satunya dengan menggunakan variasi strategi pembelajaran yang beragam yang melibatkan indra belajar yang banyak, salah satunya dengan menggunakan strategi Card Sort.
Strategi Card Sort bila diterapkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. Al-Isro’ Mindahan Batealit Jepara  Tahun Pelajaran 2011/2012 bisa digunakan sebagai strategi alternatif yang dirasa lebih bisa memahami karakteristik siswa. Karakteristik yang dimaksud disini adalah siswa lebih menyukai belajar sambil bermain, maksudnya dalam proses belajar mengajar, guru harus membuat siswa tertarik dan senang terhadap materi yang disampaikan, sehingga nantinya tujuan pembelajaran dapat dicapai.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar